#UPERP11 Sharing Economy

#UPERP11 Sharing Economy




Good evening para traveller traveller ?

Loh kok traveller ? 
Karena hari ini kita akan sedikit membahas tentang dunia traveller, khususnya yaitu AirBnB

Ada yang pernah dengar AirBnB itu apa?

aplikasi berbasis Internet yang memungkinkan orang menyewakan kamar tidur yang tak terpakai kepada pelancongMelalui aplikasi ini, orang dapat menyewa ataupun menyewakan akomodasi di seluruh dunia.Ini merupakan contoh dari ekonomi berbagi atau sharing economy, di mana individu dapat meminjam atau menyewa aset milik orang lain

membahas tentang sharing economy :
"Sharing economy atau disebut juga collaborative consumption adalah sebuah bentuk model bisnis baru yang didasarkan pada konsep berbagi sumber daya (shared resources)."
 Hasil gambar untuk airbnb adalah aplikasi sharing economy
           Dari kemampuan untuk berbagi inilah membuat konsumen mendapatkan akses terhadap barang atau jasa yang mereka butuhkan. Maka alih-alih harus membelinya barangnya para konsumen ini lebih baik mencari layanan sharing economy yang ada ketika membutuhkannya. 

Sharing economy terdapat 3 jenis yaitu :

·         Tipe Collaborative Economy 1: Product Service System

·         Tipe Collaborative Economy 2: Redistribution Market

·         Tipe Collaborative Economy 3: Collaborative Lifestyle

Kembali pada aplikasi AirBnB, aplikasi tersebut masuk dalam kategori tipe 3. DimanaTipe ketiga adalah collaborative lifestyle. 

Menurut Rachel Botsman tipe collaborative economy ketiga ini muncul dari kebutuhan atau kegemaran masing-masing individu yang sama untuk bergabung dan saling berbagi atau bertukar aset.

                Tidak seperti namanya, model bisnis sharing economy ini sebenarnya tidak sepenuhnya “berbagi”, namun akan lebih tepat apabila kita sebut model bisnis ini sebagai “penyedia akses”. Masyarakat membutuhkan kemudahan akses transportasi, akomodasi, dan akses ke banyak hal lainnya. Inilah yang membuat bisnis sharing economy berhasil mendulang sukses, baik di ranah lokal maupun mancanegara. Contoh collaborative economy tipe ketiga ini adalah individu yang menyewakan ruangan sebagai co-working space. Contoh lainnya dengan scope yang lebih luas adalah aktivitas penyewaan kamar penginapan secara peer-to-peer seperti yang dilakukan oleh AirBnB.
             Akhirnya model bisnis berbasis sharing economy ini memang tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Selain tak boleh dipandang sebelah mata, sharing economy ini juga tak bisa diprediksi sebagai tren sesaat yang nantinya pada suatu waktu akan lenyap. Hal ini terjadi karena teknologi yang ada akan terus berkembang dan tak akan melemah sehingga makin menguatkan fenomena sharing economy ini.Hasil gambar untuk airbnb adalah aplikasi sharing economy
Dengan sistem terpadu seperti ini, nilai investasi kamu dapat meningkat. Hadirnya marketplace akan juga akan memperbesar peluang dari pemilik unit apartemen untuk mendapatkan penyewa. Para penyewa juga akan dimudahkan dengan adanya marketplace tersebut, karena akan lebih nyaman bagi mereka untuk mencari sebuah hunian yang ideal.
Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat ya guyss 
seeyou on next post  ~~~~~~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERPUAS05 Instalasi DbVisualizer

#UPERPUAS06 memasukkan data produk ke google form

#UPERP11 Membuat akun Slack