#UPERP11 Mendeley

#UPERP11 Mendeley Jurnal Purchasing dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia

Apa itu Mendeley ???



Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian.
MENGENAL MENDELEY
Hasil gambar untuk apa itu mendeley
Citation” merupakan elemen penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah. Seringkali penulis pemula, pelajar, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati-hati dalam membuat sebuah sitiran. Oleh karenanya, keberadaan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai “citation & reference manager” adalah sebuah kebutuhan. Dengan perangkat lunak dimaksud, setiap penulis dapat mengidentifikasi kualitas dan keaslian (baca melacak) setiap referensi yang digunakan. Di samping itu dengan “citation & reference manager”, penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topik/kategori tertentu, sekaligus me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen.
Saat ini banyak sekali bermunculan perangkat lunak “citation & reference manager” yang menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penulis maupun dosen pembimbing untuk melacak keaslian referensi yang digunakan oleh mahasiswanya. Salah satu perangkat lunak “citation dan reference manager” yang belakangan ini mencuri perhatian banyak pihak adalah Mendeley.
Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian. 

Step 1 .Download dan install Mendeley Desktop


a. Jalankan web browser yang Anda gunakan, dan akses link  http://www.mendeley.com
b. Klik “sign up & download” untuk memulai proses membuat akun Mendeley sekaligus mengunduh perangkat lunaknya. 
c. Ketikkan nama depan, nama belakang, dan juga alamat email Anda. Kemudian klik “create free account”.
·     Choose a password : tuliskan password yang Anda ingin pergunakan.
·       What’s your field of study? : pilih disiplin ilmu yang sesuai dengan minat, misal: medicine
·       What’s your academic status? : pilih status akademik atau profesi Anda.


 Step 2. Setelah Mendeley terinstall, mencari contoh jurnal di Google Scholar, kemudian download file tersebut. 

Step 3. Buka Mendeley Dekstop, buat folder (contoh:jurnal), add files, pilih jurnal yang akan dikutip.


4. Pastikan pada menu Tools, sudah terinstal MS Word Plugin


5. Kutip Jurnal (Jurnal Tentang Accounting-Pajak)

Cara : klik menu Reference pada MS Word, Insert Citation, Go to Mendeley, kemudian pilih jurnal yang akan diktip, klik menu Cite pada Mendeley 


Contoh :

Pembelian atau purchasing adalah proses penemuan sumber dan pemesanan bahan, jasa, dan perlengkapan. Kegiatan tersebut terkadang disebut pengadaan barang. Tujuan utamanya adalah memperoleh bahan dengan biaya serendah mungkin yang konsisten dengan kualitas dan jasa yang dipersyaratkan.(1)
Identifikasi proses bisnis dilakukan untuk memudahkan dalam proses mengaplikasikan proses bisnis kedalam software Open ERP. Informasi ini diperoleh dengan cara observasi secara langsung dan wawancara tentang aliran data dari departemen-departemen terkait seperti bagian produksi, rendal, gudang, akunting dan keuangan, unit bisnis, quality control, rekayasa produksi, logistik, pemasaran dan penjualan.(2)
Following the completion of baseline data collection clubs were randomly allocated to intervention or control conditions using simple randomization in a 1:1 ratio, stratified by football code and geographic area (based on the postcode of the club). The randomization procedure was performed by a statistician who did not have access toclub baseline data, and was not involved in intervention delivery or data collection.(3)

1.        Elvin Y. Perangkat Lunak Pengelolaan Surat Po ( Purchase Order ). 2005;2–7.
2.        Eryanti F, Nugraha C. Penerapan Sistem Open Source Enterprise Resource Planning pada Perusahaan Elektronika. 2014;1(3):285–96.
3.        Wolfenden L, Kingsland M, Rowland BC, Dodds P, Gillham K, Yoong SL, et al. Improving availability, promotion and purchase of fruit and vegetable and non sugar-sweetened drink products at community sporting clubs: a randomised trial. Int J Behav Nutr Phys Act [Internet]. 2015;12(1):35. Available from: http://www.ijbnpa.org/content/12/1/35



Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERPUAS05 Instalasi DbVisualizer

#UPERP11 Membuat Akun Database

#UPERP11 Membuat akun Slack