#UPERP11 Mulai pudarnya album foto

#UPERP11  Mulai pudarnya album foto


Hi, happy people....


Dari judulnya aja kalian sudah tau kaannn pembahasan apa kita hari ini.
Di sore menuju senja ini saya akan membahas mengenai punahnya benda yang pernah kita gunakan sehari hari.

Yapssss, kali ini saya akan membahas tentang ALBUM FOTO.

Apakah kamu memiliki album foto keluarga di rumah? Ya, kalau lihat pada zaman 90-an, banyak orang yang menyimpan fotonya pada album foto. Foto-foto tersebut biasanya ddibuka saat berkumpul bersama keluarga besar. Namun, hal seperti itu sudah tidak berlaku lagi pada saat ini. Sejak adanya sosial media seperti Facebook, Path dan instagram, orang berlahan-lahan meninggalkan cara “kuno” tersebut dan beralih ke sosial media. Selain nggak ribet, semua foto yang disimpan di sosial media tersebut tidak akan rusak dan tetap awet.

Related image

Sejak kenal Facebook, foto-foto kenangan bersama teman sejak masa sekolah dulu semuanya di-upload kesana. Dan sejak ada smartphone yang dibekali kamera beresolusi tinggi, Jadi semakin eksis di Facebook, Path, dan Instagram. Selain gak ribet, semua foto yang disimpan disana pun akan awet dan tidak rusak seperti halnya kita mencetak foto tersebut. Hari gini gak punya Facebook atau Instagram? Duh!
Sosial media yang kerap menjadi ajang gengsi melalui postingan foto menjadi faktor penting dalam memudarnya penggunaan album foto. 

Image result for instagram facebook twitter logo

Semakin sulit kita jumpai orang orang yang mengabadikan momen momen tertentu dan menyimpannya dalam sebuah album foto. Berikut beberapa alasan yang menjadi faktor kepunahan album foto selain tergesernya oleh gadget yang semakin canggih :
  •  Orang semakin malas untuk mencetak foto ke percetakan, selain memakan waktu mencetak foto juga membutuhkan anggaran biaya. Sehingga semakin sedikit tempat dan orang orang yang menggunakan jasa percetakan foto saat ini.
  • Album foto memiliki harga mulai dari terjangkau hingga mahal yang menjadi pertimbangan orang orang masa kinii
  • Album foto mudah rusak dan robek dibagian dalamnya.
  • Foto yang sudah tersimpan di album foto dapat dan mudah rusak. Termakan waktu usia maupun mudah terkena hal yang dapat merusak kualitas foto (yakni air,goresan).
  • Album foto yang berisikan foto foto dapat dan mudah hilang, sedangkan saat ini orang orang lebih memilih menyimpannya dalam gadget karena aman dan mudah untuk di backup ke drive yang lain. Sehingga resiko hilangnya dokumentasi semakin kecil.
  •  Kepraktisan dalam melihat ulang foto. Di album foto kita harus mencari letak penyimpanan album foto terlebih dahulu terlebih album foto memiliki beban berat.
  •  Kepemilikan album foto hanya terletak pada 1 orang dan sulit untuk mensharing foto pada yang lain sedangkan dengan gadget saat ini sangat mumpuni mensharing album foto pada yang lain.


Ada kelebihan dan kekurangan yang terletak pada album foto. semakin sulit dan mengandung resiko yang lebih tinggi menjadi faktor semakin hilangnya koleksi album foto saat ini. 

Tapi jangan khawatir, saat ini banyak produsen produsen album foto yang berlomba lomba membuat dan mengkreasikan album foto dengan demikian cantik dan uniknya guna menarik kembali kolektor kolektor album foto. Album masih kerap digunakan dalam momen yang penting seperti acara pernikahan, wisuda ,dll. walaupun tidak seintensif pada jaman dulu.

"semakin canggihnya gadget masa kini alangkah bijaknya kita masih melestarikan warisan dan budaya yang dulu pernah kita gunakan seperti halnya album foto. Album foto masih memiliki nilai istimewanya tersendiri dalam mengabadikan momen momen penting."  

Demikian postingan hari ini, semoga bermanfaat ya guys....
see you on the next post ~~~~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERPUAS05 Instalasi DbVisualizer

#UPERPUAS06 memasukkan data produk ke google form

#UPERP11 Membuat akun Slack